Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cirebon Gelar Rapat Koordinasi Hasil Putusan MK RI Terkait Verifikasi Parpol

SUMBER – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, gelar rapat koordinasi verifikasi faktual (verfak) parpol pasca putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia dengan LO parpol dan Panwaslu di aula KPU Kabupaten Cirebon, senin (29/01/2018)

Setelah terbitnya putusan MK Nomor 53/PUU-XV/2017, untuk melaksanakan verfak kepada seluruh parpol peserta pemilu 2019. yang sebelumnya hanya dilakukan verfak terhadap parpol baru saja.

Komisioner divisi Hukum KPU Sopidi mengatakan, keanggotaan parpol di Kabupaten Cirebon dipastikan lebih dari 100 orang dengan syarat minimal anggota 1000 orang untuk di Kabupaten Cirebon.

“dipastikan untuk Kabupaten Cirebon jumlah anggota parpol lebih dari 1000 orang”

Selanjutnya beliau menjelaskan,
“teknis verifikasi nanti karena keanggotaan lebih dari 1000 orang maka sampling yang di ambil hanya 5%. Sedangkan untuk yg keanggotaan nya dibwah 1000 orang samplingnya 10%”

“Sampling harus tersebar di minimal 50% jumlah kecamatan, atau berjumlah minimal 20 kecamatan di Kabupaten Cirebon” lanjutnya.

Rencananya Verifikasi akan dilakukan pada tanggal 30 Januari – 1 Februari 2018 di kantor Partai masing-masing.

Dengan ini parpol diminta untuk menyiapkan sampling minimal anggota 5% dari jumlah anggota yang dilaporkan, dan tersebar diminimal 20 kecamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *