KPU Kabupaten Cirebon dan IDI Lakukan Koordinasi

TALUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon melaksanakan koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Untuk persiapan pemeriksaan kesehatan Calon kepala daerah di Pilkada 2018 mendatang.

Dalam koordinasi yang berlangsung di kantor IDI Kabupaten Cirebon, Selasa (3/10) tersebut dihadiri langsung oleh ketua KPU Saefuddin Jazuli MSi dan ketua IDI Dr Luthfi serta beberapa anggota lainya.

Dikatakan Asep (sapaan akrab saefuddin jazuli) , tahapan pilkada di Kabupaten Cirebon sendiri sudah dimulai sejak Juni 2017. Sedangkan untuk tahap pemeriksaan dari tim kesehatan atau Dokter, ahli psikologi, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) akan dilaksanakan pada tanggal 8-15 Januari 2018.

“Koordinasi kali ini kami lakukan dengan pihak IDI untuk mempersiapkan tahapan pemeriksaan tersebut, karena itu juga menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi calon nanti yaitu sehat secara jasmani, rohani dan bebas dari Narkoba,” kata Asep.

Dikatakan Asep, pelaksanaan pemeriksaan dan tempat pemeriksaan kesehatan bagi para calon yang akan mendaftar dalam pilkada mendatang telah disepakati yaitu di rumah sakit daerah yaitu RS Waled, Kecamatan Waled.

Lebih lanjut, Asep, pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan merupakan pemeriksaan kesehatan secara umum, terkait pemeriksaan tes HIV bagi para calon, dia belum bisa menyampaikan karena harus berkoordinasi dengan KPU Provinsi dan Pusat untuk menanyakan perlu tidaknya pemeriksaan HIV kepada calon.

“Untuk membahas hal yang lebih teknis, kami juga akan berkoordinasi dengan BNN dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi)” tandasnya.

Sementara itu, ketua IDI Luthfi mengatakan, dalam pelaksanaan pemeriksaan nanti pihaknya meminta agar KPU Berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal pengamanan pada proses tahapan pemeriksaan kesehatan nanti.

“Kami hanya menyiapkan segala sarana terkait tes kesehatan calon, sedangkan untuk keamanan pada saat pelaksanaan nanti kami berharap KPU juga dapat melakukan koordinasi dengan pihak kepolisan,” jelas Luthfi pada koordinasi tersebut.

Dia berharap pelaksanaan pemeriksaan seluruh Calon yang ikut Pilkada 2018 di Kabupaten Cirebon bisa berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Semoga semuanya bisa sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan,” tambahnya. (rif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *