KPU KABUPATEN CIREBON GELAR BIMTEK PENDAFTARAN, VERIFIKASI DAN PENETAPAN PARPOL PESERTA PEMILU TAHUN 2019

KEDAWUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik (parpol) Peserta Pemilu kepada pengurus partai dari berbagai Parpol, di Verse Hotel Jl. Tuparev No. 168 Cirebon. Selasa (28/10/2017)

Sejak tanggal 3-16 Oktober KPU Kabupaten Cirebon, telah menerima pendaftaran, serta menerima kelengkapan dokumen persyaratan, dari 17 Parpol calon peserta pemilu 2019 dan telah dilakukan verifikasi administrasi.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefuddin Jazuli, mengatakan, Bimtek ini akan fokus terhadap Verifikasi Faktual kepada partai baru, dan merupakan Bimtek lanjutan yang sebelumnya dilaksanakan di Hotel Aston Oktober lalu.

“Fokus kita hari ini adalah pada Verifikasi Faktual yang sebelumnya pernah kita selenggaran juga di Hotel Aston, dalam Verfak ini hanya parpol baru atau yang belum terverifikasi yang akan kita verifikasi faktual”

Kepala Bagian Divisi Hukum, Sonang Maulidin Malik memaparkan bahwa ada 14 parpol yang telah terdaftar, dan nantinya mulai tanggal 15 Desember 2017 – 4 Januari 2018 KPU Kabupaten Cirebon akan melakukan Verifikasi Faktual kepada Parpol yang telah lulus Verifikasi Administrasi.

“Sesuai jadwal yang telah di tentukan KPU RI, mulai tanggal lima belas desember dua ribu tujuh belas sampai empat januari duaribu delapanbelas ini KPU Kabupaten Cirebon akan melakukan Verifikasi Faktual, pada Parpol yang telah lulus Verifikasi Administrasi” ucapnya.

Akan tetapi Verifikasi Faktual ini hanya dilakukan pada parpol baru, yang sebelumnya belum pernah terverifikasi, sesuai dengan Undang – Undang Nomor 7 Pasal 173 Ayat 3 Tahun 2017.

Lanjutnya “Sesuai dengan pasal seratus tujuh puluh tiga ayat tiga nomor tujuh tahun dua ribu tujuh belas, bahwa partai politik yang telah lulus verifikasi tidak diverifikasi ulang dan ditetapkan sebagai parpol peserta pemilu”.

“Tujuannya adalah untuk membuktikan kebenaran data dari parpol baru yang sudah kami verifikasi secara adminstrasi dan setelahnya akan dilakukan verifikasi faktual yeng meliputi jumlah pengurus, 30% keterwakilan wanita, domisili kantor dan keanggotaan partai” imbuhnya.

Dalam melakukan verifikasi faktual ini rencananya, akan digunakan adalah metode acak sederhana karena syarat minimal keanggotaan parpol di wilayah kabupaten cirebon adalah 1000, ini dilakukan agar data yang diperoleh secara hukum dapat di pertanggung jawabkan.

Partai politik bisa melakukan konsultasi kepada KPU kabupaten/kota maupun kepada KPU Provinsi melalui tim helpdesk di wilayah masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *