KPU KABUPATEN CIREBON GELAR RAPAT KERJA PENATAAN DAPIL PEMILU 2019

KEDAWUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, menggelar rapat kerja terkait Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) Pemilu 2019 Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, bersama 25 Orang perwakilan dari dinas, instansi, lembaga dan organisasi masyarakat di Hotel Apita Cirebon. Kamis (14/12/2017)

Komisioner KPU Dr. Sopidi, MA dalam sambutannya mengajak peserta agar memiliki satu pandangan yang sama, dalam pengaruh penentuan dapil, untuk penyelesaian berbagai permasalahan di Kabupaten Cirebon secara tidak langsung.

“Urgensi acara hari ini secara tidak langsung memiliki andil dalam penyelesaian berbagai permasalahan di Kabupaten Cirebon, karena pengentasan masalah didaerah tidak lepas dari bagaimana peran anggota dewan diwilayahnya”.

Tambahnya, “setiap dari kita mempunyai tanggung jawab yang sama dalam penyelesaian masalah di daerah, dan bentuk partisipasi kita salahsatunya adalah dengan berpartisipasi dalam setiap proses tahapan sampai dengan datangnya waktu pencoblosan”.

Dalam pemaparannya, Komisioner KPU Marjuki menjelaskan bahwa sesuai jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Cirebon, maka sesuai dengan aturan yang berlaku bahwa Kabupaten Cirebon mendapat 50 kursi di DPRD.

“Perlu kita ketahui, bahwa jumlah masyarakat kabupaten Cirebon adalah 2.099.089, dan sesuai dengan aturan bahwa untuk jumlah penduduk 1.000.001 – 3.000.000, dialokasikan sebanyak 50 kursi DPRD” katanya.

Lalu lanjutnya, “untuk penetapan perlu diperhatikan prinsip-prinsipnya sesuai dengan pasal 185 Undang-Undang No 7 Tahun 2017, dalam penetapannya KPU juga memiliki pertimbangan agar setiap kursi DPRD yang nantinya diperebutkan dibagi secara merata sesuai jumlah dapil”.

Dalam acara ini disimulasikan perhitungan teknis untuk penentuan jumlah dapil di Kabupaten Cirebon serta pembagian alokasi kursi disetiap dapil, selanjutnya setelah rapat kerja ini hasilnya akan didiskusikan bersama dengan partai politik peserta pemilu 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *