PENCOKLITAN DI JAWA BARAT AKAN DIUSULKAN KE MURI

      No Comments on PENCOKLITAN DI JAWA BARAT AKAN DIUSULKAN KE MURI

BANDUNG – Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada Serentak 2018 oleh KPU, Sabtu, (20/01/2018), mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). KPU RI pun mendapat piagam penghargaan karena pelaksanaan Coklit Pilkada 2018 berhasil memecahkan rekor baru dalam MURI.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Ketua KPU RI Arief Budiman, di kantor KPU Jawa Timur, Kota Surabaya, Sabtu siang.

“KPU berhak mendapatkan piagam penghargaan MURI atas rekor-dunia ini terkait “Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak dan Terbanyak”,” kata Jaya Suprana dalam teleconference, yang dipantau di ruang rapat Pleno KPU jawa Barat.

Pernyataan Jaya Suprana dari layar monitor teleconference tersebut disambut dengan applause oleh Komisioner KPU Jawa Barat, Ferdhiman Bariguna, yang didampingi Kabag Program dan SDM KPU Jabar, Elis Kartini dan Kasubag SDM, Sophia kurniasari purba.

Bagi Ferdhiman Bariguna, gerakan coklit nasional layak mendapat penghargaan. Karena secara fakta, gerakan nasional coklit Pilkada Serentak 2018 itu melibatkan 350 ribu petugas, 1.750.050 rumah di 171 daerah (17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten). “Dan Jawa Barat sebagai jumlah DPT terbesar turut berbangga dengan penghargaan tersebut,” kata Ferdhiman sumringah.

Namun disisi lain, ia menyebutkan satu agenda KPU Jabar yang tak sempat dipaparkan dalam teleconference terkait proses Coklit Serentak di Jawa Barat hari ini. Pria yang akrab disapa Aang ini mengatakan, jika pencoklitan di Jawa Barat berhasil mencatat prestasi tersendiri bagi KPU Jabar pada sisi pendokumentasian.

“Saya yakin Jawa Barat menjadi penyelenggara dengan pedokumentasian terbanyak di indonesia,” ujar Ferdhiman.

Ia menambahkan, hari ini penyelenggara yang melakukan pemutakhiran data langsung mendokumentasikan seluruh proses coklit dari rumah-rumah warga di 27 kab/kota di Jawa Barat. Semua hasil dokumentasi kemudian di unggah ke sistem kpu Jabar.

“Terhitung hingga pukul 15:00 WIB, dokumentasi foto dari PPDP, PPK dan PPS sudah mencapai sekitar 80 ribu foto. Dan pengiriman foto itu akan berlangsung hingga pukul 18:00 WIB,” sebut Ferdhiman.

Olehnya itu, KPU Jabar tengah menyusun informasi dalam bentuk grafis tentang pemutakhiran data dengan pendokumentasian terbanyak di Indonesia. Laporan tersebut rencananya akan disampaikan ke lembaga MURI dalam waktu dekat.

“Pikiran kita baru satu hari sudah hampir 100 ribu. Berapa foto yang akan terdokumentasi hingga 18 Februari nanti,” tutup Ferdhiman dengan nada bertanya.(Ganjar/Sandy/Zeena)

Sumber : Media Centre KPU Provinsi Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *